Monday, June 1, 2009

A trip to Italy - 2 (Rome-Vatican)

Ok terakhir cerita sampe mana ya? Owh foto terakhir sampe di Piazza Navona.
Hari kedua di Roma diniatin untuk berkeliling ampe puas terutama Colloseum dan Vatican karena hari pertama ujan plus cape dr Milan.

Selama di Roma, patokan kami pasti selalu Termini, abis itu ke Piazza Della Republica. Bentuknya yang bunderan (mirip-mirip bunderan Ratu Plaza di Jakarta) membuatnya gampang diingat. Dan yang membuat gw seneng dengan Piazza ini jalanannya yang dibikin dari paving-block.


Piazza Della Republica

Liat jalan yang membelah gedung jadi 2? Yup yup terus turun kesana akan nyampe ke Quirinale, istana kepresidenan Italia. Dari sana jalan lagi sampe ke vatikan. Oya kenapa kami ga pake metro (kereta bawah tanah) ato tram ato bis? Karena seni jadi turis adalah menikmati indahnya sudut-sudut kota. Kalo pake taksi apa bedanya dengan di jakarta?? (Jawaban cerdas yang ga mampu pake taksi).

Antara Roma dan Vatikan sebenernya cuma dibatasi sungai dan begitu kita melangkahkan kaki menyeberangi sungai, officially, kita udah masuk ke kedaulatan Vatikan. Dan rasanya? Beuh! Waktu nyeberangi sungai rasanya capek yang ada jadi ilang, semangat lagi jalan ke tempat yang menjadi tempat tinggal Paus.


Gedung di seberang jembatan yang masuk ke teritori Vatikan


Castel Sant Angelo di kejauhan


Sant Pietro Basilica


Piazza Sant Pietro


Basilica Sant Pietro

Di Piazza St. Pietro inilah org-org biasanya berkumpul saat Natal tiba mendengarkan ceramah Paus yang muncul dr Basilica lt.2. Mungkin ada yang udah pernah nonton pelem Eurotrip? Nah ya kayak gitulah. Ato mungkin di pelem yang aga baruan dikit "Malaekat dan Syaithon" (Angel & Demon).

Dari Vatikan perjalanan dilanjutkan ke Piazza del Popolo. Jalan kaki pastinya, gempor-gempor dah. Selain Fontana di Trevi, piazza ini jadi obyek favorit gw. Tempatnya bagus pisaaannn, terkenal karena gereja kembarnya. Dan juga deket ma Museum Borghese yang terkenal itu.


Piazza del Popolo

Di Piazza ini ada kendaraan yang unik buat gw. Tenaganya pake baterai (kayaknya..), kalo maju badannya di doyongkan ke depan trs kalo mau melanin lagi badannya ditegakkin lagi. Tadinya mau nyewa nyobain alat ini. Cuma pas liat harganya mundur teratur deh kayak pasukan kalah perang. Mahal gila! 18 Euro buat setegah jam, 30 Euro buat sejam keliling tuh piazza. Beuh!




Piazza di Spagna

Dari Piazza del Popolo lanjut lagi ke Piazza Di Spagna. Di tempat inilah ada yang nyapa "Indonesia?" Wuihhh udah seneng aja neh ketemu orang yang tau negara kita, secara bule-bule biasanya taunya cuma Bali, Bunaken ato Raja Ampat. Ngajak ngobrollah orang itu trs nawarin ke kita gelang. Abis masangin gelang ke kita karena kita kira gretongan eh malah minta 5 euro, sempet nolak tapi temen-temennya pada dateng. Kampret! Kena palak deh.. Pelajaran buat tar di Milan yang ternyata berguna buat tega2an nolak ma org2 kayak gitu. Musti tega. Tunggu lanjutannya yah.. :)


No comments:

Post a Comment