Monday, February 13, 2012

Fresh Graduate Ditanya Gaji? Siapa Takut!


Setelah lulus sekolah baik dari SMK maupun dari Perguruan Tinggi, pelajar mempunyai dua pilihan untuk melanjutkan karirnya. Yang pertama adalahberwirausaha, dan yang kedua adalah menjadi karyawan. Saya tidak memperdebatkan mana yang lebih baik dari kedua pilihan tersebut, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan  masing-masing.
Dalam hal ini EXPERD  consultant membahas bagaimana tips mencari pekerjaan dan menata karir. Berikut poin-poin yang ada:
yang Pertama, mendapatkan pekerjaan bagi fresh graduated mulailah rajin melamar pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang anda miliki. Lowongan itu bisa di dapat dari koran, internet maupun dari milis milis pencari kerja. Perluas networking anda dengan dengan para alumni di sekolah anda bukan tidak mungkin anda mendapat info lowongan kerja dari mereka.
yang Kedua, Sebelum menghadapi wawancara cari tahu tentang perusahaan yang memanggil anda maupun posisi yang anda lamar, kenakan busana yang nyaman dan sesuai dengan konteks dunia kerja, juallah diri anda pada pewawancara tonjolkan kelebihan anda dan yang terpenting jadilah diri anda sendiri.
yang Ketiga, HRD biasanya dalam interview akan bertanya tentang gaji, motivasi, dan tujuan ke depannya. Berkaitan dengan motivasi dan tujuan kita kedepan tentunya harus yang mengarah positif dan juga berkaitan dnegan pengembangan perusahaan dan diri kita sendiri, misalnya kita ingin lebih mengembangkan diri dibidang apa dan juga ingin mencapai level apa dalam pekerjaan. Tentunya dalam menjawab pertanyaan ini, bisa saja atasan akan mengetahui kekurangan kita, oleh karenanya kita perlu menyampaikannya dengan hati-hati dan tetep dengan optimis dan bahasa yang positif.
yang Keempat adalah masalah Gaji. Sebelum kita maju interview ada baiknya kita bertanya kepada rekan-rekan seprofesi atau sejenis berapa range gaji di pasaran. Atau anda bisa lihat di panduan gaji yang diterbitkan oleh pihak terkait.
Agar lebih mudah, cantumkan gaji yang anda inginkan dalam bentuk range gaji. Ambil titik terendah dan titik tertinggi jumlah gaji yang anda inginkan dan negosiasikan untuk angka diantaranya. Katakanlah dari hasil survey Anda ternyata rentang salary standar yang berlaku untuk job position yang Anda minati adalah antara Rp 3jt-Rp 3,5 jt, berarti ketika Anda menuliskan di formulir job application adalah angka yang berada di rentang tersebut. Dari angka yang Anda tuliskan nanti jangan sampai Anda ''banting harga'' sekali (mengacu pada contoh kasus: Rp3 jt), seakan-akan Anda mengisyaratkan bahwa value Anda rendah, tapi sebaiknya juga jangan mematok angka yang paling tinggi (mengacu pada contoh kasus: Rp 3,5 jt), karena bisa saja company jadi lebih ''melirik'' kandidat yang bersedia mendapat salary yang lebih rendah. Kecuali bila secara kualifikasi Anda memang betul2 di atas rata-rata atau boleh juga tambahkan keterangan di belakang jumlah gaji yang Anda minta: NEGOTIABLE (berarti Anda terbuka untuk menegosiasikan kembali jumlah gaji Anda). Angka yang cukup aman adalah di pertengahan rate salary standarnya, dalam contoh kasus di atas: Rp 3.2 jt, atau Rp 3,3 jt. Good luck!

-- link asli http://t.co/SlNiATS4

No comments:

Post a Comment